Skripsi
PERAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MEREDUKSI SIKAP KURANG BERSOSIALISASI AKIBAT PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas XI)
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kurang Bersosialisasi, Penggunaan Facebook.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa peserta didik yang kurang bersosialisasi akibat penggunaan facebook. Dengan konseling kelompok berpendekatan behavioristik peserta didik dapat memahami dan mengetahui sikap kurang bersosialisasinya Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Gambaran sikap kurang bersosialisasi akibat penggunaan facebook 2) Bentuk layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik dan 3) Peran konseling kelompok berpendekatan behavioristik dalam mereduksi sikap kurang bersosialisasi akibat penggunaan facebook terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Sumber data utama adalah kata-kata, dan tindakan, selebihnya data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Wujud data berupa data primer yaitu bersumber hasil wawancara dan data sekunder yaitu berupa dokumen atau laporan di SMA Negeri 3 Pemalang. Penulis mengambil 3 peserta didik yang mempunyai sikap kurang bersosialisasi akibat penggunaan facebook sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi/ penggabungan. Analisa data dengan pembuktian induktif melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan simpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi peserta didik yang mempunyai sikap kurang bersosialisasi akibat penggunaan facebook antara lain: Tidak peduli dengan lingkungan sekitar, kurang bergaul dengan teman atau bersosialisasi di kehidupan nyata, egois, ingin selalu benar pendapatnya, rentan perselisihan (mudah emosi), menghabiskan waktu dan melalaikan waktu untuk belajar.
Penanganan kasus penggunaan facebook yang berpengaruh terhadap sikap kurang bersosialisasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 antara lain: Peran konseling kelompok berpendekatan behavioristik yaitu dengan teknik pengkondisian operan, adanya kebijakan sekolah yang melarang peserta didik mengaktifkan telepon genggam saat proses belajar mengajar, dan mengarahkan agar menggunakan facebook untuk mencari informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing, dapat mempertahankan pelaksanaan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik dalam mereduksi sikap kurang bersosialisasi akibat penggunaan facebook.
11115000500 | SEP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain