Skripsi
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X AP SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Teknik Role Playing, Rasa Percaya Diri.
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, menunjukkan bahwa sebagian peserta didik kelas X AP kurang percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas X AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X AP Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 128 peserta didik, adapun sampel sebanyak 30 peserta didik diambil dari peserta didik yang mememiliki tingkat rasa percaya diri rendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat tingkat rasa percaya diri peserta didik sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing dalam kriteria rendah yatitu (30%) atau sebanyak 9 peserta didik, Sedangkan, setelah pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing tingkat rasa percaya diri peserta didik menjadi tinggi yaitu (36,7%) atau sebanyak 11 peserta didik. Sedangkan hasil uji t-test diperoleh thitung sebesar 9,404 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan (N-1) = (30-1) = 29 sebesar 2,756. Jadi, thitung> ttabel atau 9,404 > 2,756 hal ini menunjukkan bahwa ada implementasi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik Kelas X AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran yang dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling agar peserta didik yang memiliki rasa percaya diri rendah dapat ditangani dengan baik.
11115000710 | AGI i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain