Skripsi
IMPLIKASI PEMBELAJARAN HAM TERHADAP KESADARAN HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG
Kata Kunci : HAM, Kesadaran
Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka pembelajaran dan penerapan HAM pada peserta didik. Melihat pentingnya pembelajaran dan penerapan HAM sebagai pembentukan kesadaran peserta didik pada saat proses pembelajaran PPKn lebih ditekankan pada kesadaran dan kebiasaan yang dilakukan leh peserta didik.
Perumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran HAM pada peserta didik di SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015-2016 ?, (2) Bagaimanakah implikasi pembelajaran HAM terhadap kesadaran Hak Asasi Manusia peserta didik di SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015-2016.
Tujuan dari penelitian ini untuk Untuk mengetahui penerapan pembelajaran HAM pada peserta didik di SMK PGRI 2 Tahan Pemalang Tahun Pelajaran 2015-2016. Untuk mengetahui implikasi pembelajaran HAM terhadap kesadaran Hak Asasi Manusia peserta didik di SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015-2016.
Teori yang dicantumkan dalam penelitian ini bahwa didalam penerapan pembelajaran HAM terdapat kesadaran akan Hak Asasi Manusia. Sedangkan Implikasi pembelajaran HAM terhadap kesadaran didik sesuai dengan etika sosial yaitu gotong royong dan tolong menolong.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif rasionalistik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi 542 peserta didik, sempel yang diambil peneliti 8 peserta didik. Dan penggunaaan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan triangulasi, dan menggunakan bahan referensial. Serta teknik analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran HAM Melalui Pembelajaran PKn sudah sangat baik. (2) Implikasi pembelajaran HAM dalam hal ini diantaranya menanamkan kedisplinan, kejujuran, religius, nasionalisme dan demokrasi pada peserta didik yang berkarakter pancasila, mengingat Pendidikan Kewarganegaraan sangat diperlukan untuk mengimplikasikan pembelajaran HAM mengingat peserta didik sudah diajarkan tentang pembelajaran HAM sejak dini.
12105000940 | WIN i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain