Skripsi
KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN SAIA KARYA DJENAR MAESA AYU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci : kritik sosial, kumpulan cerpen, pembelajaran sastra.
Penelitian ini mengambil latar belakang nilai sosial dan kritik sosial pada kumpulan cerpen Saia. Rumusan masalah adalah (1) bagaimanakah kritik sosial dalam kumpulan cerpen Saia karya Djenar Maesa Ayu?, dan (2) bagaimanakah implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek kajian dalam penelitian ini adalah kritik sosial. Sumber data penelitian ini berasal kumpulan cerpen Saia karya Djenar Maesa Ayu.Metode pengambilan data dengan metode dukumentasi dengan teknik membaca, lalu mencatat poin-poin penting sebagai kelanjutan. Sedangkan, analisis data dengan menggunakan metode studi pustaka. Data yang dihasilkan sebuah kutipan dari berbagai kumpulan cerpen Saiadan selanjutnya untuk diuraikan.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian kritik sosial yang telah penulis lakukan pada kumpulan cerpen Saia karya Djenar Maesa Ayu, diperoleh data berupa kondisi tokoh dalam bentuk kondisi fisik, sosial psikologi, struktur kumpulan cerpen, dan kritik sosial. Pada penelitian kondisi fisik menghasilkan gambaran tokoh secara sosial psikologi dari kepribadian, imajinasi, perilaku emosional, dan norma etika. Hasil penelitian ini diperkuat oleh penulis dengan struktur yang ada pada kumpulan cerpen Saia, meliputi tema, tokoh/penokohan, latar, gaya bahasa, dan amanat. Hasil penelitian yang telah teranalisa menjawab dan memberi hasil kritik sosial yang dipicu dari masa lampau terhadap masa kini yang berdampak nanti di masa mendatang.Berdasarkan hasil penelitian kritik sosial dalam kumpulan cerpen Saia karya Djenar Maesa Ayusudah memberikan sebuah pedoman sebagai kritik sosial. Hasil penelitian ini memiliki implikasi pada pembelajaran sastra Indonesia, khususnya pembelajaran diskusi. Pembelajaran diskusi yang dimaksud adalah pembelajaran diskusi dengan bahan cerpen. Kegiatan diskusi dengan bahan cerpen akan memberikan cabang-cabang seperti membaca, menyimak, berbicara, dan mencatat/menulis. Siswa dapat mengutarakan pendapatnya dengan siswa-siswa lainya dari cerpen yang telah dibaca. Siswa belajar menghargai pendapat orang lain dengan menyimak. Siswa menulis hasil diskusi dan memaparkan kesimpulannya secara bergantian. Siswa pun bisa menciptakan pembelajaranya dengan senang. Hal demikian akan memberikan komunikasi antara siswa dan guru yang nantinya bisa diterapkan pada masyarakat umum.
15115000770 | JEN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain