Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN STRATEGI BIBLIO – COUNSELING TERHADAP PENINGKATAN HUBUNGAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI AP SMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016
PITOYO, JOKO. 1111500199. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Biblio-counseling Terhadap Peningkatan Hubungan Sosial Peserta Didik Kelas XI AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Sri Sumarsih, M. Pd
Pembimbing II Drs. Soebianto, M. Pd
Kata Kunci : Straregi Biblio-counseling, Hubungan Sosial.
Berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi di lapangan, menunjukkan peserta didik SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal diperoleh data bahwa proses hubungan sosial peserta didik ada yang kurang optimal. Terjadi banyak perselisihan antar teman satu kelas ataupun dengan kelas lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Biblio-counseling Terhadap Peningkatan Hubungan Sosial Peserta Didik Kelas XI AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2015/2016”.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AP di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 125 peserta didik, adapun sampel yang telah ditentukan dalam penelitian sebanyak 34 peserta didik.
Pengambilan sampel menggunakan teknik teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial peseta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan strategi bibliokonseling dalam kriteria rendah yatitu (23%) atau sebanyak 8 peserta didik, Sedangkan, setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan strategi biblio-counseling hubungan sosial peseta didik menjadi tinggi yaitu (29,4%) atau sebanyak 10 peserta didik. Sedangkan hasil uji t-test diperoleh thitung sebesar 8,733 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan (N-1) = (34-1) =33 sebesar 2,733. Jadi, thitung> ttabel atau 8,733 > 2,733 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan layanan bimbingan kelompok dengan strategi biblio-counseling terhadap peningkatan hubungan sosial peserta didik kelas XI AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2015/2016.
Saran yang dapat dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dengan strategi biblio-counseling agar peserta didik yang memiliki permasalahan hubungan sosial rendah di kelasnya dapat ditangani dengan baik.
11115001990 | JOK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain