Skripsi
STUDI KORELASI KEAKTIFAN SISWA PADA KEGIATAN KOPERASI SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TAHUN 2015/2016
Kata Kunci : Keaktifan Siswa Pada Kegiatan Koperasi Siswa dengan Minat Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi keaktifan siswa pada kegiatan koperasi siswa dengan minat belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X1 Tahun 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Korelasi keaktifan siswa pada kegiatan koperasi siswa dengan minat belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X1Tegal Tahun 2015/2016.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan penelitian dengan menggunakan angka-angka dan pengolahan statistik. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui suatu variabel dengan variabel lain yang dinyatakan dalam bentuk statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMK N 1 Kota Tegal yang berjumlah 294 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 59 anggota, diambil dengan menggunakan Nomogram Herry King yang ditarik secara lurus melalui titik tingkat kesalahan 10%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket
Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r (hitung) sebesar = 0,97071, kemudian dikonsultasikan dengan r (tabel) product moment dengan jumlah n = 59 dengan taraf signifikan 5% diperoleh r (tabel) = 0,266. Oleh karena r (hitung) > r (tabel) pada taraf signifikan 5%, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat Korelasi keaktifan siswa pada kegiatan koperasi siswa dengan minat belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X1 Tahun 2015/2016.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan minat belajarnya terutama pada mata pelajaran kewirausahaan, Pihak guru disarankan untuk lebih meningkatkan keterampilan-keterampilan mengajar dengan efektif sehingga siswa lebih semangat untuk mengikuti kegiatan.
13115000090 | MAG s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain