Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN REALITAS DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SEKOLAH SMP NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Efektifitas, layanan konseling kelompok berpendekatan realitas, dan konsep diri.
Ada 26 peserta didik yang konsep dirinya masih rendah, hal ini dikarenakan peserta didik belum sadar akan pentingnya mengetahui konsep diri yang dimilikinya sebagai sarana untuk mencapai sukses di masa depan. Peserta didik belum bisa menemukan jati dirinya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat konsep diri peserta didik sebelum dilaksanakan layanan konseling kelompok berpendekatan realitas, 2) tingkat konsep diri peserta didik sesudah dilaksanakan layanan konseling kelompok berpendekatan realitas, dan 3) efektifitas layanan konseling kelompok berpendekatan realitas dalam meningkatkan konsep diri peserta didik kelas VII Di Sekolah SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson yang diperoleh 26 item angket valid dan 4 item tidak valid. Selanjutnya uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown, diperoleh r1.1 = 0,887 lebih besar dari rtabel = 0,444 maka angket dinyatakan reliabel. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik pre-test and post-test one group.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016 sebelum konseling kelompok berpendekatan realitas mayoritas dalam kategori kurang (42,31%), terlihat dari frekuensi tertinggi pada interval 89-92 sebanyak 11 peserta didik. 2) Konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016 sesudah layanan konseling kelompok berpendekatan realitas mayoritas dalam kategori sedang (46,15%), terlihat dari frekuensi tertinggi pada interval 93-96 sebanyak 12 peserta didik. 3) Layanan konseling kelompok berpendekatan realitas efektif dalam meningkatkan konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Wanasari Brebes tahun Pelajaran 2014/2015, terbukti dari hasil hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,830 dengan ttabel dengan dk = 26-1 = 25, = 5% didapat ttabel = 2,060, sehingga thitung > ttabel (4,830 > 2,060) yang berarti Ha diterima.
Bagi sekolah diharapkan selalu mengevaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam menerapkan teknik-teknik baru, sehingga dapat dijadikan masukan bagi program bimbingan dan konseling untuk mengatasi masalah peserta didik. Salah satunya konseling kelompok berpendekatan realitas untuk meningkatkan konsep diri.
11115000440 | KUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain