Skripsi
PENGARUH FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG TERBENTUKNYA BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN MIE AYAM BOJOLORO CABANG TEGAL
Penelitian ini bertujuan adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh keunggulan merek produk terhadap loyalitas pelanggan 2) Untuk mengetahui pengaruh kekuatan merek produk terhadap loyalitas pelanggan 3) Untuk mengetahui pengaruh keunikan merek produk terhadap loyalitas pelanggan serta 4) Untuk mengetahui pengaruh antara keunggulan; kekuatan serta keunikan merek produk secara bersama – sama terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Mie Ayam Bojoloro Cabang Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda serta analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan 1) Adanya hubungan (korelasi rank spearman) keunggulan merek produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,92. Hal ini menunjukan hubungan yang sangat kuat dan positif. 2) Adanya hubungan (korelasi rank spearman) kekuatan merek produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,892. Nilai tersebut menunjukan hubungan yang sangat kuat dan positif. 3) Adanya hubungan (korelasi rank spearman) keunikan merek produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,854. Nilai tersebut menunjukan hubungan yang sangat kuat dan positif. 4) Adanya hubungan keunggulan, kekuatan dan keunikan merek prouk secara bersama – sama terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,976. Hal ini menunjukan hubungan yang sangat kuat dan positif. Artinya jika nilai keunggulan; kekuatan dan keunikan merek produk secara bersama – sama mengalami kenaikan maka juga akan meyebabkan kenaikan nilai loyalitas pelanggan begitu juga sebaliknya. 5) Adanya koefisien determinasi sebesar 95,3% menunjukan bahwa 95,3% keragaman total variabel loyalitas nasabah disekitar rata – ratanya dapat diterangkan oleh hubungan antara variabel keunggulan; kekuatan dan keunikan merek produk secara simultan dengan variabel loyalitas nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 4,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Kata Kunci : Keunggulan Merk Produk; Kekuatan Merk Produk; Keunggulan Merk Produk; Loyalitas Pelanggan
41115000740 | WAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain