Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELASVII SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN2014/2015
Kata kunci : metode hypnoteaching, menulis puisi
Pembelajaran hypnotic dimaknakan sebagai hal yang menyebabkan tidur. dalam kontek ini, dapat diartikan menidurkan sejenak pikiran sadar dan mengaktifkan pikiran bawah sadar. Hypnoteaching menekanan pada komunikasi alam bawah sadar siswa, baik yang dilakukan dalam kelas maupun luar kelas. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti afirmasi, sugesti, dan imajinasi Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode hypnoteaching pada siswa, 2) Bagaimanakah pembelajaran menulis puisi pada siswa, 3) Apakah metode Hypnoteaching efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan pembelajajaran bahasa Indonesia dengan metode Hypnoteaching pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) Mendeskripsikan keefektifan metode Hypnoteaching dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII dengan sampel 40, Pengumpulan data menggunakan tes, Analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas metode Hypnoteaching pada siswa.
Hasil penelitian, pembelajaran menulis puisi dengan metode Hypnoteaching pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami tahun pelajaran 2014/2015 dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi. Terindikasi dari cara membandingkan hasil post tes pada kelas eksperimen dan control dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung sebesar t=0,570 berada dalam daerah penetimaan Ha
15115000040 | IKT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain