Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL BERPENDEKATAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERSAHABATAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 13 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Bimbingan Sosial berpendekatan diskusi kelompok, persahabatan
Tujuan penelitian untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok, untuk mengetahui hubungan persahabatan yang dialami oleh peserta didik dan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan layanan bimbingan sosial dengan pendekatan diskusi kelompok terhadap peningkatan persahabatan peserta didik kelas VIII SMP N 13 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Dimana jumlah populasi sekitar 245 perserta didik dan diambil sampel 25 peserta didik dimana jumlah sampel didapat dengan teknik angket.
Dengan analisis presentase tingkat persahabatan pada peserta didik yang mengikuti layanan bimbingan sosial berpendekatan diskusi kelompok sebesar 52% kreteria sangat tinggi yang diamana sebelumnya 12%. Kelompok yang kurang maksimal mengikuti layanan sebesar 8% kriteria kurang yang sebelumnya 56% dalam kriteria kurang.Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan Layanan Bimbingan Sosial Berpendekatan Diskusi Kelompok di SMP N 13 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 dikatagorikan berhasil. Tingkat persahabatan di SMP N 13 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 di katagorikan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data penelitian dengan uji-t dimana hasil dari perhitungan diperoleh thitung 3,598 dan hasil ttabel diperoleh 2,401 dari perhitung standar devisiasi Dengan begitu thitung > ttabel atau 3,598 > 2,401 yang sehingga hipotesis penelitian ini diterima hasilnya terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan sosial dalam meningkatkan persahabatan peserta didik kelas VIII SMP N 13 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Simpulan penelitian bahwa peran bimbingan sosial berpendekatan diskusi kelompok untuk meningkatkan persahabatan sangat efektif selain itu layanan bimbingan sosial berpendekatan diskusi kelompok memberikan peran signifikan terhadap meningkatnya persahabatan peserta didik. Dalam hal ini dapat dikatakan peran bimbingan sosial berpendekatan diskusi kelompok dapat membuat peserta didik harmonis dalam hubungan persahabatan. Sebelumnya tinggkat persahabatan di SMP N 13 Tegal kurang harmonis terhadap hubungan persahabatan sekitar 56% yang memiliki hubungan persahabatan yang kurang harmonis.
11115001840 | MUH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain