Skripsi
HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. ASY SYAFI`IYYAH JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Hubungan, keharmonisan keluarga, dan kecerdasan emosi.
Penelitian ini dilatarbelakangi sebagian besar peserta didik kurang memiliki kecerdasan emosi yang meliputi: tanggung jawab, kepedulian dan kedisiplinan. Hal tersebut ditunjukan dengan seringnya kesalahpahaman antar peserta didik yang berakibat perkelahian antar peserta didik. Peserta didik kurang peduli pada diri sendiri dalam menghibur diri melepas kemurungan, kecemasan sehingga mudah tersinggung.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) keharmonisan keluarga, 2) tingkat kecerdasan emosi peserta didik, dan 3) hubungan yang positif keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTs. Asy Syafi`iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian 333 peserta didik, dengan sampel 33 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keharmonisan keluarga peserta didik kelas VIII MTs. Asy Syafi`iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016 mayoritas tergolong dalam kategori sedang (36,36%) pada interval skor 62-65 ditandai peserta didik mempunyai keluarga yang saling mengasihi tetapi dalam hal-hal tertentu anggota keluarganya masih mementingkan egonya sendiri-sendiri. 2) Kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTs. Asy Syafi`iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016 tergolong dalam kategori sedang (30,30%) pada interval skor 58-63 ditandai peserta didik sudah dapat mengenali dan mampu mengelola emosi diri sendiri dan mampu mengenali emosi orang lain sehingga dapat bergaul secara wajar dengan temannya. 3) Ada hubungan positif keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTs. As-Syafi’iyah Jatibarang Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,592 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 33 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,344, maka rxy > rtabel atau 0,592 > 0,344 yang berarti hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Guru pembimbing diharapkan bagi guru pembimbing yang menghadapi permasalahan dengan kecerdasan emosi peserta didik cara penanganannya tidak cukup hanya dengan pemberian layanan tetapi juga diperlukan layanan pendukung home visit untuk mengetahui lebih lanjut keharmonisan rumah tanggannya.
11150019010 | KUR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain