Skripsi
PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Kata Kunci : Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar.
Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Univrsitas Pancasakti Tegal sebanyak 261mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Nomogram Herry King dengan tingkat kesalahan 10% sehingga diambil 20% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil perhitungan diperoleh harga t hitung yang selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel. Untuk kesalahan 5%, diperoleh t tabel = 2,009. Berdasarkan t hitung6,956 lebih besar dari t tabel (t hitung ˃ t tabel), maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah karena fasilitas belaja rmempunyai pengaruh yang tinggi terhadap motivasi belajar maka perlu penggunaan fasilitas belajar yang optimal dan agar lebih meningkatkan penyediaan fasilitas belajar yang lebih memadai serta pemeliharaan fasilitas belajar yang lebih baik sehingga mahasiswa dapat menggunakan fasilitas belajar tersebut. Untuk kegiatan belajar agar motivasi belajar mahasiswa meningkat, kepada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi disarankan agar mahasiswa lebih meningkatkan motivasi belajarnya dengan cara mahasiswa sering menggunakan fasilitas belajar yang sudah tersedia.
13115000080 | KHO p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain