Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN AJARAN 2014
Kata kunci : Bimbingan Guru Pamong, Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan guru pamong terhadap kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional asosiatif yaitu pendekatan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dimana dalam penelitian menggunakan angka-angka dan pengolahan statistik. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester VII program studi pendidikan ekonomi dengan populasi 78 siswa yang kemudian dijadikan sebagai sampel semua. Sedangkan datanya berupa skor jawaban angket yang diisi oleh mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Instrumen angket penelitian diuji dengan validitas dan reliabilitas alpha yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dan pengujian signifikansi dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL dengan tingkat pengaruh sebesar thitung=3,813552 , setelah di konsultasikan dengan ttabel dengan N=78 dan tingkat kesalahan 5% diketahui ttable=1,992. Karena thitung>ttabel yaitu 3,813552>1,992 maka dapat diambil kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan data penelitian diperoleh persamaan regresi linier Y=45,451+0,337X. Dari hasil tersebut berarti semakin meningkatnya bimbingan guru pamong maka kemampuan mahasiswa dalam mengajar akan meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Bimbingan Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal Tahun Ajaran 2014. Oleh karena itu, bimbingan guru pamong hendaknya lebih di tingkatkan dan lebih efektif lagi agar kemampuan mahasiswa dalam mengajar dapat lebih meningkat.
13115000010 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain