Skripsi
KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI STRES MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata kunci: Konseling Kelompok, Mengatasi Stres
Konseling kelompok merupakan salah satu bentuk usaha pemberian bantuan kepada peserta didik di sekolah, karena dapat ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah. Peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Brebes mengalami masalah tingkat kesetresan dalam menghadapi Ujian Nasional sehingga perlu dicari solusinya. Adapun solusinya adalah konseling kelompok.
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan konseling kelompok mengatasi kesetresan dalam menghadapi Ujian Nasional pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasinya yaitu 80 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini 25% dari populasi yang hasilnya berjumlah 20 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik uji (t-test).
Hasil perhitungan pada pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 89.75 dengan angka persentase tingkat ketercapaian 40% terletak pada kriteria sangat tinggi. Sedangkan pada post-test diperoleh skor rata-rata 84.45 dengan angka persentase tingkat ketercapaian 40% terletak pada kriteria sangat rendah. Sedangkan berdasarkan perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,605. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.101 pada taraf signifikan 5% maka thitung > ttabel yaitu 5,605 > ttabel 2,093, artinya hipotesis kerja (Ha) diterima yang menyatakan “Pelaksanaan konseling kelompok efektif dalam mengatasi tingkat kesetresan pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.”
Berdasarkan hasil simpulan, peneliti memberikan beberapa saran yang dapat dijadikan acuan diantaranya, Bagi sekolah hendaknya dapat mengembangkan teori bimbingan dan konseling khususnya tentang bantuan untuk mengatasi stres dalam menghadapi ujian nasional pada peserta didik di SMP. Bagi guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat menerapkan konseling kelompok dengan benar dan sesuai. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik akan lebih mudah dan bisa menerima setiap masukan dan saran dari orang lain terutama pada peserta didik yang mengalami stres dalam menghadapi ujian nasional.
11145001150 | AMI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain