Skripsi
STRATEGI PEMENANGAN CALON KEPALA DESA WARNOTO DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2014 (STUDI KASUS DI DESA TERLANGU KECAMATAN BREBES)
Kata Kunci :Strategi Pemenangan, PelaksanaanPilkada.
RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahBagaimana Strategi Pemenangan Calon Kepala Desa Warnoto Tahun 2014 Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pemenangan Calon Kepala DesaWarnoto Tahun 2014 Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes. Bagaimana upaya mengatasi hambatan dalam Pemenangan Calon Kepala Desa Warnoto Tahun 2014 Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes.
Tujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniadalah:
a. InginmengetahuiStrategi Pemenangan Calon Kepala Desa WarnotoTahun 2014 Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes.
b. Inginmengetahuifaktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pemenangan Calon Kepala Desa Warnoto Tahun 2014 Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes.
c. Ingin mengetahui upaya mengatasi hambatan dalam Pemenangan Calon Kepala Desa Warnoto Tahun 2014 Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes.
Tipepenelitian yang digunakanadalahtipepenelitian yang bersifatpenelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya,dalamhaliniStrategi Pemenangan Calon Kepala Desa Warnoto Dalam Pemilihan Kepala Desa Tahun 2014 (Studi Kasus Di Desa Terlangu Kecamatan Brebes).Penelitianinimenggunakanteknikpengumpulan data berupawawancara,observasi,dandokumentasi. Dan populasipenelitian di Desa Terlangu KecamatanBrebesdengannarasumber 7 orang.Analisis data yang dipergunakanpenulisadalah data yang bersifatkualitatifdenganmenggunakananalisa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data mengambil kesimpulan data.
Hasilpenelitiantersebut,dapatdiketahuibahwaPelaksanaan pemilihan kepala desa terlangu secara umum sudah berjalan dengan baik. Adapun hasil dari strategi kampanye masing- masing calon adalah sebagai berikut, Warnoto adalah bagian dari populasi target yang sangat strategis yaitu ditujukan kepada opinion leader (pemuka pendapat) atau para tokoh masyarakat dan kyai yang disegani oleh masyarakat. Sehingga Kelompok penerima kedua akan di ikuti dengan sendirinya yaitu para pengikut yang merasa segan dengan tokoh masyarakat akan mengikuti untuk memilih warnoto. Sedangkan AbdullahPopulasi target penerima adalah bagian dari masyarakat secara luas dikuasai semua, namun yang lebih banyak pengikutnya adalah pemilih pemula dan jajaran pemuda. Yang tingkat pemilihanya masih labil dan diragukan.Faktor Pendukung antara lain Tingkat ketokohan calon kepala desa yang dipandang masyarakat dan disegani masyarakat,Tim pemenangan yang kompak,Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap calon kepala desaPendekatan komunikasi yang efektif. Sedangkan Faktor penghambatBiaya yang dipengaruhi lawan politik yang menggunakan money politik, Kurangnya sarana prasarana, Komunikasi massa dari lawan politik yang dapat menurunkan simpatisan, Sikap arogansi para pendukung, Kurang memahami visi misi dan apa yang disampaikan
Saran untukpenelitianiniadalahsebaiknyadapatdirekomendasikandan disiapkan dalam menjalankan strategi yang tepat dan efektif. peranya masing-masing sehingga bisa terlaksana dengan baik dan kondusif.Sebaiknya lakukan dan libatkan masyarakat dalam upaya yang positif dan terbuka.Agar dilakukanpenelitianlebihdalamlagi.
21115000300 | HID s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain