Skripsi
PENGARUH PERUBAHAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN HONDA G200 DENGAN BAHAN BAKAR GAS LPG
Telah diteliti pengaruh perubahan waktu pengapian pada mesin bensin G200 mengunakan bahan bakar gas LPG. Tujuan dari di adakannya penelitian ini untuk mengetahui torsi daya dan konsumsi bahan bakar pada sat mengunakan bahan bakar gas LPG.
Pengujian dilakukan pada motor bensin G200. Variabel bebas pada penelitian ini adalah timing pengapian, dan variabel terikatnya adalah torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, timing pengapian yang di gunakan pada sudut pengapian dari 18, 20 (pengapian standar), 22, 24 dan 26
Hasil yang dperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai tosi tertinggi pada saat mengunakan waktu pengapian 22 pada putaran mesin 2500 rpm sebesar 1,1 kg.m, sedangkan nilai torsi terendah pada saat mengunakan waktu pengapian 18 dan 26 sebesar 0,13 kg.m. dan nilai daya yang tertinggi pada saat mengunakan waktu pengapian 22 pada putaran mesin 2500 rpm sebesar 2,642 kW, sedangkan nilai daya terendah pada saat mengunakan waktu pengapian 18 dan 26 sebesar 0,066 kW. Untuk konsumsi bahan bakar (Spesifik Fuel Consumption) nilai yang paling tinggi pada pengapian 26 pada putaran mesin 500 rpm sebesar 6,54 (kg/kWh), dan untuk nilai yang paling rendah pada pengapian 22 pada putaran mesin 2000 rpm sebesar 0,41 (kg/kWh). Dan dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa pengapian yang paling baik pada saat menggunakan pahan bakr gas adalah pada sudut pengapian 22.
Kata Kunci : Timing pengapian, gas LPG, torsi, daya dan konsumsi bahan bakar.
64115000340 | AFR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain