Skripsi
EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU BERPENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Konseling Individu Berpendekatan Behavioral dan rasa percaya diri
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu, bagaimanakah tingkat rasa percaya diri peserta didik kelas XI AK sebelum dilaksanakan konseling individu, tingkat rasa percaya diri peserta didik kelas XI AK sesudah dilaksanakan konseling individu? bagaimana efektifitas konseling individu berpendekatan behavioral untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas XI AK di SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun 2015/2016, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu, untuk mengetahui bagaimanakah tingkat rasa percaya diri peserta didik kelas XI AK sebelum dilaksanakan konseling individu, tingkat rasa percaya diri peserta didik kelas XI AK sesudah dilaksanakan konseling individu, Bagaimana efektifitas konseling individu berpendekatan behavioral untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas XI AK di SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun 2015/2016.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI AK Negeri 1 Dukuhturi Tahun 2014/2015 yang berjumlah 200 peserta didik, sampel sejumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah studi populasi. Variabel penelitian adalah pelaksanaan layanan konseling individu dan rasa percaya diri. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan T test.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh sebesar 0.933 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 12 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel= 0,632 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,933 > 0,632). Karena rhitung lebih besar dari nilai r tabel, maka berarti Konseling Individu Berpendekatan Behavioral Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas XI AK SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2015/2016” efektif.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini adalah konseling individu berpendekatan behavioral sudah berjalan dengan efektif dan dapat meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik. Saran bagi guru supaya selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami, termasuk permasalahan dalam perubahan tingkah laku.
11115000250 | ULU e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain