Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP BERKURANGNYA PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Membolos.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak peserta didik yang sering terlambat hadir di sekolah dan tidak hadir mengikuti kegiatan belajar mengajar pada saat jam pelajaran. Mereka terlihat bermain di tempat sekitar sekolah seperti kantin, dan di luar sekolah seperti rental play station ataupun mall.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pelaksanaan bimbingan kelompok peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) tingkat perilaku membolos peserta didik kelas VIII Ts Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016, dan 3) pengaruh yang signifikan pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku membolos peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi sebanyak 22 peserta didik..Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik tergolong dalam kategori tinggi, terlihat dari analisis deskriptif variabel X, frekuensi tertinggi pada interval 83-88 sebanyak 8 responden (36,36%), 2) Perilaku membolos peserta didik mayoritas tergolong dalam kategori sangat rendah. Terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel Y, frekuensi tertinggi pada interval 86-90 sebanyak 9 responden (40,91%), 3) Ada pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku membolos peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016, dapat terlihat dari hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,521 lebih besar dari rtabel = 0,423.
Guru pembimbing diharapkan dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok lebih ditingkatkan lagi agar perilaku membolos dapat dihilangkan dari peserta didik. Diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan atau meningkatkan belajar peserta didik melalui program bimbingan kelompok yang diberikan oleh sekolah.
11115002370 | SAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain