Skripsi
PENGARUH PERSEPSI TERHADAP KEBERMINATAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Pengaruh, persepsi, keberminatan mengikuti layanan bimbingan dan konseling.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang mempunyai persepsi kurang baik kepada guru BK. Pandangan peserta didik tentang guru BK yang dinilai sebagai polisi sekolah, menyebabkan peserta didik takut untuk berkonseling. Padahal di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal, terdapat guru BK yang kompeten dibidangnya dan dapat membantu atau mencari solusi atas masalah yang dihadapi peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Persepsi peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan konseling, 2) Keberminatan mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik, dan 3) Pengaruh persepsi terhadap keberminatan mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian 268 peserta didik dengan sampel sebanyak 40 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi peserta didik tentang bimbingan dan konseling peserta didik mayoritas tergolong dalam kategori cukup, terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket variabel X terdapat pada interval 66-69 dengan jumlah peserta didik 13 responden dan persentase sebesar 32,50%. 2) Keberminatan mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik mayoritas tergolong dalam kategori cukup, terlihat dari analisis tersebut frekuensi tertinggi terdapat pada interval 67-71 dengan jumlah peserta didik 14 responden dan persentase sebesar 35,00%. 3) Ada pengaruh yang signifikan persepsi terhadap keberminatan mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015, terbukti dari hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,597. lebih besar dari rtabel atau 0,597 > 0,312.
Guru pembimbing, diharapkan dapat meningkatkan profesionalismenya dan menunjukkan sikap dan perilaku yang baik pada peserta didik sebagai teladan sehingga dapat meningkatkan persepsi peserta didik yang dapat pula meningkatkan keberminatannya dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
11115002080 | PUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain