Skripsi
PENGARUH PEMBINAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI PERINGKAT KELAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI SMK SATYA PRAJA 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Pembinaan Keluarga, Prestasi Peringkat Kelas
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah prestasi peringkat kelas peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?; 2) Bagaimanakah bentuk pembinaan keluarga pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?; 3) Bagaimanakah pengaruh pembinaan keluarga terhadap prestasi peringkat kelas peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 83 peserta didik. Sedangkan sampel 83 peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015dengan teknik sampel jenuh. Uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabelitas menggunakan rumus Spearman Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunkan korelasi deskriptif prosentase dan product moment.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pembinaan keluarga terhadap prestasi peringkat kelas peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dibuktikan hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0,527 yang dikonsultasikan pada r tabel untuk N = 83 pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,213, maka dalam penelitian ini hasilnya yaitu rxy > rtabel atau 0,527 > 0,213. Dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan “Ada pengaruh yang signifikan pembinaan keluarga terhadap prestasi peringkat kelas peserta didik kelas X Akuntansi SMK Satya Praja 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima.
Disarankan hendaknya pihak sekolah lebih meningkatkan lagi kerja sama dengan orang tua untuk meningkatkan prestasi peringkat kelas pada peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan menyampaikan informasi tentang perkembangan anaknya agar dapat membantu atau berpartisipasi dalam proses perkembangan anak di sekolah, mengingat guru tidak dapat sepenuhnya membantu kegiatan peserta didik setiap saat.
11115001190 | ZAK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain