Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN INFORMASI PRIBADI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERETIKA DALAM PERGAULAN DI SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 01 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Layanan Informasi Pribadi, Kemampuan Beretika dalam Pergaulan.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa peserta didik yang memiliki kecenderungan kurangnya etika dalam pergaulan di sekolah. Mereka secara pribadi memiliki sifat atau karakteristik beraneka ragam, baik bersifat mendukung maupun tidak mendukung bagi pemenuhan tujuan ideal yang ditetapkan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan beretika dalam pergaulan di sekolah sebelum layanan informasi pribadi pada peserta didik, 2) Kemampuan beretika dalam pergaulan di sekolah setelah layanan informasi pribadi, dan 3) kontribusi yang positif layanan informasi pribadi terhadap peningkatan kemampuan beretika dalam pergaulan di sekolah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian 318 peserta didik, dengan sampel 18 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik uji-t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan beretika dalam pergaulan di sekolah sebelum layanan informasi pribadi pada peserta didik mayoritas dalam kategori sedang (61,11%), peserta didik bersikap dan bertutur dalam batas kewajaran, tetapi adakalanya masih bersikap kurang sopan saat emosi. 2) Kemampuan beretika dalam pergaulan di sekolah setelah layanan informasi pribadi pada peserta didik mayoritas dalam kategori sangat tinggi (66,67%), peserta didik selalu bersikap dan bertutur kata sopan sehingga pergaulannya selalu dalam suasana menyenangkan. 3) Ada kontribusi yang signifikan layanan informasi pribadi terhadap peningkatan kemampuan beretika dalam pergaulan di sekolah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016, terlihat dari hasil perhitungan analisis statistik uji-t, diperoleh thitung = 5,556 lebih besar dari ttabel = 2,110.
Guru pembimbing diharapkan dapat menerapkan layanan informasi pribadi dengan baik dengan memberikan informasi-informasi tepat dan berbagai pengetahuan yang berguna untuk mengatasi masalah peserta didik sehingga dapat mengatur dan merencanakan kehidupannya sendiri.
11115000310 | JUN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain