Skripsi
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MEREK SABUN MANDI DI PASAR RANDUGUNTING KOTA TEGAL
Tujuan diadakannya penelitian ini untuk (1) Mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen (2) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen (3) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen.
Metode pengumpulah data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi.
Dari hasil analisis korelasi Rank Spearman diperoleh nilai korelasi sebesar 0,714, artinya hubungan kualitas produk dengan loyalitas konsumen tergolong kuat. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,655, artinya hubungan harga dengan loyalitas konsumen tergolong kuat. Dari hasil perhitungan uji korelasi berganda diperoleh hasil R sebesar 0,800., artinya hubungan kualitas produk dan harga dengan loyalitas konsumen tergolong kuat. Pada hitungan signifikansi korelasi berganda memperoleh nilai Fhitung (86,222) ˃ Ftabel (3,078). Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen secara bersama-sama. Dari perhitungan koefisien determinasi, kontribusi yang diberikan variabel kualitas produk dan harga disekitar rata-rata dijelaskan oleh hubungan antara kualitas produk dan harga dengan loyalitas konsumen, sedangkan yang 36% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Konsumen.
41115000760 | TRI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain