Skripsi
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGADAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MASYARAKAT DESA KADEMANGARAN KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produkterhadap keputusan pembelian2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi hargaterhadap keputusan pembelian3) Untuk mengetahui pengaruh promositerhadap keputusan pembelian4) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan promosisecara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang dalam penelitian ini adalah semuaMasyarakat Desa Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal sebanyak 1.510 Kepala Keluarga dengan sampel sejumlah 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah analisis korelasi, uji signifikansi koefisien korelasi, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi.
Dari hasil perhitungan korelasi variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,719 yang artinya hubungan antara kualitas produk dengan Keputusan pembelian tergolong kuat. Dari perhitungan thitung diperoleh nilai sebesar 10,237 yang ternyata > ttabel = 1,98, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas produkdengan keputusan pembelian.Dari hasil perhitungan Korelasi variabel persepsi harga dengan keputusan pembelian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,718 yang artinya hubungan antara persepsi harga dengan Keputusan pembelian tergolong kuat. Dari perhitungan thitung diperoleh nilai sebesar 10,226 yang ternyata > ttabel = 1,98, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi hargadengan keputusan pembelian.Dari hasil perhitungan Korelasi variabel promosi dengan keputusan pembelian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,726 yang artinya hubungan antara promosi dengan Keputusan pembelian tergolong kuat. Dari perhitungan thitung diperoleh nilai sebesar 10,457 yang ternyata > ttabel = 1,98, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara promosidengan keputusan pembelian.Dari hasil perhitungan Korelasi berganda variabelkualitas produk, persepsi harga dan promosisecara bersama-sama dengankeputusan pembeliandiperoleh korelasi sebesar 0,896 yang artinya hubungan antara kualitas produk, persepsi harga dan promosisecara bersama-sama dengankeputusan pembelian tergolong sangta kuat. Dari perhitungan Fhitung diperoleh nilai sebesar 96,54 yang ternyata >Ftabel = 2,47, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas produk, persepsi harga dan promosisecara bersama-sama dengankeputusan pembelian. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, kontribusi secara simultan diperoleh hasil 80,3 %. Hal itu dapat diartikan bahwa kualitas produk, persepsi harga danpromosimemberikan kontribusi kepada keputusan pembelian produkpasta gigi Pepsodent sebesar 80,3 % dan sisanya 19,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
41115000150 | SOB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain