Skripsi
PROFIL KANTIN KEJUJURAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL
Kata Kunci: Kantin Kejujuran, Pendidikan Karakter
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kantin kejujuran dalam rangka peningkatan pendidikan karakter di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kantin kejujuran dalam rangka peningkatan pendidikan karakter di SMA Negeri 4 Kota Tegal.
Subjek penelitian ini melibatkan 2 (dua) responden, yaitu kepala sekolah dan guru pembina kantin kejujuran. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi (triangulasi).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyelenggaraan kantin kejujuran di SMA Negeri 4 Kota Tegal belum dapat membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang jujur, berdisiplin, berakhlak mulia, berintegritas dan bertanggungjawab sesuai dengan tujuan pembinaan kantin kejujuran dalam Pedoman Umum Penyelenggaraan Kantin Kejujuran Provinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan Kantin Kejujuran meliputi latar belakang berdirinya kantin kejujuran, tujuan pembinaan, metode kantin kejujuran dan mekanisme kantin kejujuran belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan Pedoman Umum Penyelenggaraan Kantin Kejujuran Provinsi Jawa Tengah, terbukti dari pertanggungjawaban aliran barang dan uang (cashflow) yang hanya mengandalkan catatan keuangan dari guru pembina, sedangkan dalam pedoman disebutkan harus didukung Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal maupun Kartu Persediaan Barang.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan hendaknya SMA Negeri 4 Kota Tegal di dalam pelaksanaan kantin kejujuran dengan self system dan self payment dalam rangka peningkatan pendidikan karakter harus dilakukan terus-menerus dan berkelanjutan, karena pada dasarnya membentuk karakter membutuhkan proses yang lama.
13115000600 | DEW p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain