Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel yang dikaji adalah motivasi belajar siswa dan kemampuan komunikasi guru. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa koefisien regresi variabel kemampuan komunikasi guru sebesar 0,992 menyatakan bahwa setiap peningkatan kemampuan komunikasi guru sebesar satu satuan dan variabel lain dianggap tetap maka akan menyebabkan peningkatan atau kenaikan motivasi belajar ekonomi sebesar 0,992 satuan. Dengan hasil uji t diperoleh thitung = 43,65 > ttabel = 2,042 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk meningkatkan semangat belajar siswa terutama pada mata pelajaran pengatar ekonomi dan bisnis, guru hendaknya lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajarnya terutama kemampuan komunikasi guru dengan efektif dan variatif dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih semangat dalam mengikuti proses belajaran.
13115000480 | AND p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain