Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KARIR BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH PESANTUNAN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Efektifitas, konseling karir berbantuan komputer, kemampuan pengambilan keputusan karir.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan peserta didik kebanyakan belum memutuskan karir yang akan digeluti. Peserta didik belum mempunyai cita-cita yang pasti, masih bingung mau melanjanjutkan ke jenjang SMA, SMK, atau MA, hanya sebagian peserta didik saja yang sudah mempunyai gambaran melanjutkan sekolah karena sudah memutuskan karirnya. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik tidak dapat memutuskan karir yang akan digeluti karena peserta didik belum mempunyai gambaran karir yang akan ditekuninya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik yang diberi layanan konseling karir berbantuan komputer, 2) Tingkat kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik yang diberi layanan konseling karir tidak berbantuan komputer, dan 3) Efektifitas layanan konseling karir berbantuan komputer terhadap kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Pesantunan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian berjumlah 103 peserta didik, sampel sebanyak 26 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan eksperimen, Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik yang diberi layanan konseling karir berbantuan komputer dalam kategori tinggi (46,15%) yaitu perolehan skor paling banyak pada interval 125-131, ditandai peserta didik sudah mampu mengambil keputusan karir yang akan dikuasai. Sedangkan tingkat kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik yang diberi layanan konseling karir tidak berbantuan komputer dalam kategori cukup (38,46%) yaitu perolehan skor paling banyak pada interval 118-124, ditandai peserta didik sudah mempunyai gambaran karir yang ingin dikuasai tetapi masih bingung dalam memilih karir yang cocok. Perhitungan analisis statistik uji-t diperoleh thitung = 2,621. Dengan dk = 13 + 13 - 2 = 24, pada taraf signifikan 5%, diperoleh ttabel (tt) = 2,064. Karena thitung ttabel atau 2,621 2,064, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan guru dapat guru pembimbing dapat mempertahankan dan lebih memaksimalkan pelayanan bimbingan karir berbantuan komputer untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik.
11115000640 | PRA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain