Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN BELAJAR 2014/2015
Kata Kunci : Pengaruh, Kecerdasan Emosional, Prestasi
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya (1) Pengaruh Kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Ekonomi kelas X SMA 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA 1 Wanasari kab. Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 143 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 38 siswa yaitu diperoleh dari kelas X 4 Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linear sederhana. Sebelumnya data diuji dengan uji Instrumen Validitas untuk mengetahui reliabilitas data.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 17 item yang telah diuji validitas, reliabilitas. Sedangkan Metode analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji-t.
Hasil perhitungan diketahui persamaan regresi linear sederhana.Y =52,20 +0,475X Sedangkan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 3,733 dan dikonsultasikan dengan ttabel N=38 taraf kebebasan d.f=(38-2) dan tingkat kesalahan 5% sebesar = 1,688. Diketahui t hitung>t table yaitu 3,733>1,688 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti “terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Belajar 2014/2015.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa Kecerdasn emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes tahun Belajar 2014/2015. Oleh karena itu sebaiknya sebagai seorang guru harus bisa menganalisis kecerdasan emosional siswa, dan sebagai peserta didik, siswa harus selalu meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari kearah yang positif dengan penuh tanggung jawab sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi dengan baik.
13105000050 | FAU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain