Skripsi
PERAN KUALITAS PELAYANAN KOPERASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN DI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG
Kata Kunci : kualitas pelayanan, peningkatan kepuasan pelanggan.
Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kualitas pelayanan koperasi sekolah dalam peningkatan kepuasan pelanggan di SMK PGRI 2 Taman Pemalang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kualitas pelayanan koperasi sekolah dalam peningkatan kepuasan pelanggan di SMK PGRI 2 Taman Pemalang.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua koperasi, 2 orang petugas koperasi, dan 12 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koperasi sekolah SMK PGRI 2 Taman Pemalang masih ada kekurangan dalam pelayanan yang diberikan kepada siswa atau pelanggan yaitu diantaranya petugas koperasi masih kurang cepat, tepat dan tanggap sehingga masih banyak siswa yang belum merasa puas dengan pelayanan yang diterima pelanggan. Selain itu pelanggan kurang puas dengan produk-produk yang dijual di koperasi sekolah karena produknya kurang lengkap serta harga yang ditawarkan tidak terjangkau oleh siswa.
Oleh karena itu petugas koperasi disarankan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi seperti memberikan 3S (salam, sapa, senyum) kepada pelanggan, harga yang ditawarkan lebih terjangkau oleh siswa, menyediakan barang-barang yang diperlukan siswa dan pelanggan lebih lengkap lagi, persediaan barang dagangan baik agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya.
13115000740 | YUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain