Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 6 Tegal pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran Konstruktivistik, Minat Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan pendekatan konstruktivistik terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tegal pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 dibandingkan pendekatan konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tegal semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 247 peserta didik. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tekhnik lembar observasi aktivitas peserta didik dan angket minat. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Instrumen ini telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signikan 5%. Analisis data menggunakan Analisis Uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran konstruktivistik lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika kelas VIII semester 2 SMP Negeri 6 Tegal pada materi kubus dan balok tahun pelajaran 2014/2015.
17115000530 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain