Skripsi
EFEKTIFITAS KONSELING SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM PEMANTAPAN KARIR KELAS XI AP SMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Teknik Konseling Self-Instruction,Self-Efficacy.
Berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi di lapangan, menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan untuk menentukan arah karir mereka setelah lulus. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui Efektifitas Teknik Konseling Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-Efficacy dalam Pemantapan Karir Kelas XI AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AP di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 125 peserta didik, adapun sampel yang telah ditentukan dalam penelitian sebanyak 24 peserta didik diambil dari peserta didik yang memiliki tingkat Self-Efficacy rendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat tingkat Self-Efficacy dalam pemantapan karir sebelum pemberian layanan konseling Self-Instruction dalam kriteria rendah yaitu (37,5%) atau sebanyak 9 peserta didik, Sedangkan, setelah pemberian layanan konseling Self-Instruction tingkat Self-Efficacy dalam pemantapan karir peserta didik menjadi tinggi yaitu (33%) atau sebanyak 8 peserta didik. Sedangkan hasil uji t-test diperoleh thitung sebesar 8,61 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan (N-1) = 23 sebesar 2,50. Jadi, thitung> ttabel atau 8,61 > 2,50 hal ini menunjukkan bahwa Konseling self-instraction efektif untuk meningkatan self-efficacy dalam pemantapan karir kelas XI AP SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran yang dapat dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling agar peserta didik yang memiliki permasalahan kesulitan menentukan arah karirnya dapat ditangani dengan baik.
11115000700 | NUG e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain