Skripsi
PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI METODE BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK TK MADINAH ISLAMIC FULL DAY SCHOOL PROCOT SLAWI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata kunci : Konseling Kelompok, Kemandirian.
Permasalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok melalui metode bermain di TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/ 2015,(2) Bagaimana kemandirian peserta didik di TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/ 2015, (3) Apakah ada pengaruh konseling kelompok melalui metode bermain terhadap peningkatan kemandirian peserta didik TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/ 2015?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok melalui metode bermain di TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) untuk mengetahui tingkat kemandirian peserta didik di TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara konseling kelompok melalui metode bermain terhadap peningkatan kemandirian pada peserta didik TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang ada di TK Madinah Procot Slawi yaitu sejumlah 93 anak, meliputi TK A 44 anak dan TK B 49 anak. Pengambilan sampel dengan menggunakan penarikan secara probabilitas yaitu sampel random, acak dan campur. Metode pengumpulan data adalah dengan metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan menggunakan korelasi product moment
Hasil penelitian menunjukkan Konseling Kelompok Melalui Metode Bermain mempunyai pengaruh yang signifikan dengan Tingkat Kemandirian Peserta Didik bagi siswa TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Ini terbukti dari pengumpulan data primer melalui angket. Formulasi korelasi product moment menghasilkan rhitung (korelasi rxy) sebesar 0,536, adalah positif dan lebih besar dari rtabel = 0,444. Karena rhitung > r tabel . Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan : “Ada pengaruh yang signifikan antara Konseling Kelompok Melalui Metode Bermain mempunyai pengaruh yang signifikan dengan Tingkat Kemandirian Peserta Didik bagi siswa TK Madinah Islamic Full Day School Tahun Pelajaran 2014/ 2015”.
11125002000 | ULF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain