Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETI BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Pembelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 18 Kota Tegal Tahun
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Visual Auditori Kinesteti,
Sikap dan Prestasi Belajar Matematika.
Sebagian siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tegal mempunyai prestasi belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dengan kondisi siswa. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya variasi pembelajaran. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran visual auditori kinesteti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Model pembelajaran visual auditori kinesteti dapat mencapai target minimal 75% siswa mendapat nilai lebih dari 55, Prestasi belajar dan sikap siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran visual auditori kinesteti berbasis saintifik lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, Ada perbedaan sikap dan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran visual auditori kinesteti berbasis saintifik kemudian sikap dan prestasi belajar siswa lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran visual auditori kinesteti dapat mencapai KKM dengan 75% siswa mendapat nilai lebih dari 55. (2) Prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran visual auditori kinesteti berbasis saintifik lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Sikap siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran visual auditori kinesteti berbasis saintifik lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) Ada perbedaan sikap dan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran visual auditori kinesteti berbasis saintifik dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (5) Sikap dan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran visual auditori kinesteti berbasis saintifik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
17115000580 | NUG k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain