Skripsi
TEMA, TOKOH, DAN LATAR NOVEL NDARU KARYA LANANG SETIAWAN DENGAN PENDEKATAN MIMETIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata kunci: tema, tokoh, latar, dan pendekatan mimetik
Tema adalah gagasan umum yang menjadi ide dasar membuat cerita. Tokoh adalah pelaku yang mengembangkan peristiwa dalam cerita. Latar adalah tempat, waktu, dan suasana yang terjadi dalam suatu cerita. Pendekatan mimetik memandang sastra sebagai tiruan atau cermin dari kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi tema cerita dalam novel Ndaru Karya Lanang Setiawan berdasarkan pendekatan mimetik; (2) Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel Ndaru Karya Lanang Setiawan berdasarkan pendekatan mimetik; (3) Mengidentifikasi latar cerita dalam novel NdaruKarya Lanang Setiawan berdasarkan pendekatan mimetik; (4) Mengidentifikasi implikasi novel Ndaru Karya Lanang Setiawan dalam pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pendekatan mimetik. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Ndaru kaya Lanang Setiawan terbitan tahun 2014, sedangkan wujud datanya berupa kutipan-kutipan kalimat yang mengandung aspek tema, tokoh, dan latar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, baca-catat, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan tema, tokoh dan latar pada novel Ndaru berdasarkan pendekatan mimetik merupakan hasil pencerminan dari kehidupan dan kejadian nyata yang pernah ada di Kota Tegal di antaranya, tokoh Lanang, Maufur, Tri, Tambari, Ery, dsb. merupakan tokoh yang ada pada kehipan nyata. Peristiwa pemilihan Walikota Tegal, demo lukis Ambeg Kota Tegal, Pemberian Penghargaan seni, dsb. merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi pada 2008. Latar tempat seperti, jembatan darmo, kafe cosmopolitan, taman lilin, dsb. merupakan tempat-tempat yang benar ada di Kota Tegal.Dalam novel Ndaru terdapattema mayor , tokoh utama, tokoh tambahan, dan latar tempat.
Novel Ndaru dapat dijadikan arternatif pembelajaran di SMA, khususnya pembelajaran tentang sastra. Hal ini merupakan cara perkembangan karya sastra modern untuk mencapai aspek keseimbangan dalam perkembangan moral dan budaya peserta didik.
15115001290 | ALF t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain