Skripsi
REMAPPING PENGAPIAN PROGRAMMABLE CDI DENGAN REJETTING KARBURATOR PADA MOTOR BAKAR 4 TAK 125 CC BERBAHAN BAKAR E-100
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Ukuran pilot jet dan main jet serta mapping pengapian yang terbaik dari segi daya,torsi,konsumsi,maupun emisi gas buang pada motor 4 langkah 125 cc berbahan bakar E-100.
Pengujian dilakukan pada mesin motor 4 tak 125cc. Metode yang digunakan adalah dengan cara eksperimen. Teknik analisis data mempergunakan teknik analisis deskriptif yaitu mengamati dan mencatat secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dalam bentuk tabel dan grafik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pilot jet dan main jet,variabel terkontrolnya etanol,mesin 4 langkah dan CDI programmable dan variabel terikatnya nilai maksimum torsi, daya, SFC dan emisi gas buang.
Torsi maksimum pada pilot jet 0,45 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar yaitu 10,58 N.m pada putaran mesin 3000 rpm, mapping 1 yaitu 11,88 N.m pada putaran mesin 3000 rpm,mapping 2 yaitu 10,02 pada putaran mesin 5500 rpm, pilot jet 0,50 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar yaitu 12,25 N.m pada putaran mesin 2500 rpm , mapping 1 yaitu 11,33 N.m pada putaran mesin 2500 rpm, mapping 2 yaitu 11,35 N.m pada putaran mesin 2500 rpm,pilot jet 0,55 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar yaitu 11,31 N.m pada putaran mesin 2500 rpm, mapping 1 yaitu 10,97 N.m pada putaran mesin 2500 rpm, mapping 2 yaitu 10,35 N.m pada putaran mesin 2500 rpm. Dari data diatas yaitu torsi tertinggi ada pada pilot jet 0,50 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar. Pada pengujian konsumsi bahan bakar didapat data pilot jet 0,45 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar : 252,9 gr/kW.h, mapping 1 : 228,0 gr/kW.h,mapping 2:264,9 gr/kW.h. pilot jet 0,50 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar : 227,8 gr/kW.h, mapping 1 : 237 gr/kW.h,mapping 2 : 215 gr/kW.h.pilot jet 0,55 mm dan main jet 1,00 mm mapping standar : 247,3 gr/kW.h, mapping 1 : 257,0 gr/kW.h, mapping 2 : 285,7 gr/kW.h. pada pengujian emisi gas buang didapatkan kandungan Co terendah pada pilot jet 0,50 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 1,76%,tertinggi pada pilot jet 0,55 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 2,80%,kandungan Co2 terendah pada pilot jet 0,50 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 0,80%,tertinggi pada 0,45 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 1,80%, kandungan O2 terendah pada 0,55 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 15,59%,tertinggi pada 0,50 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 21,29%,kandungan HC terendah pada 0,50 mm dan main jet 1,00 mm yaitu 456 ppm, tertinggi yaitu pada main jet 0,45 mm dan pilot jet 1,00 mm yaitu 637 ppm.
Kata Kunci : Pilot jet dan Main jet,E-100,CDI programmable,terhadap torsi,daya dan emisi gas buang.
64115000540 | FAU r C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain