Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pokok Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dalam Tanda Mutlak Bagi Siswa Kelas X Semester Ganjil Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016)”
Kata Kunci:Keefektifan, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, dan Prestasi belajar Matematika.
Model pembelajaran model konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran menyebabkan prestasi beberapa siswa khususnya di MAN Kota Tegal masih rendah. Tujuan penelitian pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan dalam tanda mutlak kelas X MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2015/2016 ini adalah untuk mendeskripsikan (1) prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang nilainya paling rendah 60 melampaui 75%, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dibanding dengan model pembelajaran konvensional, (3) bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X semester ganjil yang berjumlah 125 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Model pengumpulan data dengan tes. Istrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data yang digunakan adalah (1) uji proporsi satu pihak kanan, (2) uji t dua pihak, (3) uji t satu pihak kanan. Sebelumnya data berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian pokok bahasan persamaan dn pertidaksamaan dalam tanda mutlak menunjukkan bahwa : (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang nilainya 60 melampaui 75%, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional.
17115000280 | MUK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain