Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata kunci : Menulis Cerpen, Problem Based Instruction
Pembelajaran menulis cerita pendek di sekolah dapat memupuk siswa yang memiliki bakat dan minat menulis untuk dibina secara khusus, supaya menjadi penulis yang andal dan profesional di masa depan. Namun, pembelajaran yang dilakukan belum mampu membuat siswa menguasai keterampilan menulis cerpen dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Instruction (PBI).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) kemampuan menulis cerpen siswa sebelum menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). 2) kemampuan menulis cerpen siswa sesudah menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). 3) keefektifan model Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yaitu adanya perlakuan atau tindakan untuk mengatasi masalah. Penelitian ini mengambil sampel satu kelas yaitu kelas XI TKJ 2 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dengan analisis statistik uji t.
Berdasarkan hasil penelitian yaitu kemampuan menulis cerpen siswa sebelum menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam kategori cukup. Kemudian kemampuan menulis cerpen siswa setelah diadakan pembelajaran model pembelajaran Problem Based Instruction meningkat dalam keadaan sangat baik. Dan perubahan seberapa besar kemampuan menulis cerpen sebelum dan sesudah diadakan pembelajaran model pembelajaran Problem Based Instruction dengan menggunakan adalah dengan menggunakan rumus t-test. Dari perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 7,177. Dengan demikian thitung = 7,177 > ttabel = 2,042. Artinya hipotesis penelitian diterima “Model Problem Based Instruction (PBI) efektif dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015”.
15115000060 | SAP k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain