Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN COMPACT DISK (CD) INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMBENTUKAN HARGA PASAR (Studi Kasus pada Siswa kelas VIII SMP Insan Cendikia Bias Assalam Tahun Pelajaran 2015/2016 )
Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Compact Disk (CD) Interaktif, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kondisi pembelajaran di kelas kurang bervariasi. Guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif, dan hanya sebagian siswa yang aktif pada saat diskusi. Oleh karena itu pemahaman terhadap materi masih rendah dan berdampak menurunnya hasil belajar. Dalam meningkatkan hasil belajar perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang menuntut siswa untuk berperan aktif yaitu menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan CD Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran two stay two stray berbantuan CD Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar materi pembentukan harga pasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre test post test control group design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Insan Cendekia Bias Assalam Tegal tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa yang terdiri dari kelas VIII A dan VIII B. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri 20 siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen (pembelajaran two stay two stray berbantuan CD interaktif) dan 20 siswa kelas VIII B kelompok kontrol (Pembelajaran ceramah). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model two stay two stray berbantuan CD interaktif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model ceramah. Ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada derajat kebebasan atau degrees of freedom (df=38) pada taraf signifikan 5%, diperoleh thitung 3,190 > ttabel 2,024.
Saran dalam penelitian ini, guru disarankan untuk lebih aktif dalam mencari model pembelajaran yang sesuai dengan kriteria mata pelajaran IPS dan memvariasikan model pembelajaran TSTS dengan media selain CD Interaktif, dan penerapan model pembelajaran two stay two stray perlu ditingkatkan sehingga siswa lebih aktif dan memperoleh h asil belajar yang lebih baik.
13115000150 | RIN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain