Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Pembelajaran Matematika Materi Pokok Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Problem Based Instruction,
Prestasi Belajar Matematika Siswa.
Sebagian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal mempunyai prestasi belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dengan kondisi siswa. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya variasi pengajaran yang dapat merangsang dan melibatkan siswa untuk aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga dapat mencapai KKM. (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun datar segi empat. (3) Model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun datar segi empat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga dapat mencapai KKM. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun datar segi empat. (3) Model pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun datar segi empat.
17115000740 | FAJ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain