Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK PARAFRASA CERPEN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMK ISLAM NUSANTARA COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: menulis, naskah drama, teknik parafrasa, dan cerpen.
Pembelajaran menulis naskah drama dinilai lebih efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna (meaningfull). Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran parafrasa cerpen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI di SMK Islam Nusaantara Comal Pemalang? (2) bagaimanakah keefektifan menulis naskah drama pada siswa kelas XI dengan menggunakan teknik parafrasa cerpen di SMK Islam Nusantara Comal Pemalang?
Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Pemalang. Jumlah responden sebanyak 76 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen ( XI PBS 2) berjumlah 38 siswa dan kelas kontrol (XI PBS1) yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Penelittian ini bersifat kuantitatif, yaitu menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik. Pengumpulan datamnya menggunakan metode tes dan nontes.
Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis hasil pretes dan postes, yang dilakukan dengan menggunakan uji t independen. Berdasarkan analisis terhadap skor pretes dan postes kemampuan menulis naskah drama dikelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 2,42. Sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan df 74 = 1,66. Perbedaan tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Hal ini menunjukan bahwa teknik Parafrasa cerpen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Simpulannya yaitu, (1) berdasarkan hasil pretes dapat dikatakan bahwa hasil kemampuan menulis naskah drama pada kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Pemalang dapat dikatakan cukup. Ini dapat dilihat dari hasil pretes kelas kontrol (XI PBS 1) rata-rata sebesar 68,15, sedangkan pada kelas eksperimen (XI PBS 2) rata-rata 73,28, (2) penggunaan teknik parafrasa cerpen dalam proses pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Pemalang dapat lebih memotivasi siswa dalam belajar memahami cara menulis naskah drama, sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan, dan (3) teknik parafrasa cerpen dalam pembelajaran menulis naskah drama dapat dikatakan efektif. Hal itu dapat terlihat dari hasil analisis thitung dan ttabel. Dari hasil analisis data yang menggunakan t-tes pada taraf signifikansi 5%, diperoleh ttabel sebesar 1,66 sedangkan thitung sebesar 2,42. Data tersebut menunjukan bahwa thitung lebihbesar dari ttabel.
15115000420 | CAH k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain