Skripsi
CITRAAN (IMAGERY) DALAM PUISI-PUISI KARYA DYAH SETYAWATI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
Kata Kunci: citraan (imageri) dan puisi
Rumusan maslah penelitian ini adalah (1) bagaimana aspek citraan yang terdapat dalam puisi-puisi karya Dyah Setyawati (2) bagaimana implikasi pembelajaran aspek citraan dalam puisi-puisi karya Dyah Setyawati di SMP. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek citraan yang terdapat dalam puisi Dyah Setyawati dan mendeskripsikan pembelajaran aspek citraan dalam puisi Dyah Setyawati di SMP
Objek penelitian ini berupa citraan pada puisi-puisi karya Dyah Setyawati. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data tertulis yang terdapat dalam buku kumpulan puisi Pengikat Serat Kawindra karya Dyah Setyawati. Wujud data yang penulis gunakan untuk melakukan penelitiannya, yaitu wujud data primer dan wujud data sekunder. Wujud data primer berupa cuplikan kata-kata atau kalimat yang terdapat dalam puisi-puisi karya Dyah Setyawati. Wujud data sekunder meliputi: skripsi, buku sumber, kumpulan kritik sastra, tesis dan lain-lain yang berkaitan dengan wujud data primer, yang berfungsi memperkuat data. Penyediaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan secar deskriptif dan pelaksanaanya sudah mulai sejak pengumpulan data dilakukan serta dikerjakan secara intensif.
Hasil penelitian ini adalah aspek citraan yang terdapat dalam puisi-puisi karya Dyah Setyawati yang meliputi citraan penglihatan pada 6 puisi dengan persentase 24%, citraan pendengaran pada 4 puisi dengan persentase 16%, citraan penciuman pada 2 puisi dengan persentase 8%, citraan pencecapan pada 1 puisi dengan persentase 4%, citraan perasaan pada 3 puisi dengan persentase 12%, citraan perabaan pada 2 puisi dengan persentase 2%, dan citraan gerak pada 7 puisi dengan persentase sebanyak 28%. Jadi pada puisi-puisi Dyah Setyawati citraan yang mendominasi adalah citraan gerak.
Implikasi dalam pembelajaran sastra di SMP khususnya puisi, berorientasi pada materi pengajaran sastra di kelas VIII pada standar kompetensi membaca dan menulis serta memahami unsur-unsur pembnagun puisi.
15115001660 | SLA c C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain