Skripsi
KEBERADAAN KOMUNITAS SOSIAL ‘FAKTA’ SEBAGAI WADAH PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER DAN MORAL ANAK-ANAK DI KABUPATEN TEGAL
Kata Kunci : Komunitas Sosial, Pendidikan Non Formal, Pengembangan Karakter dan Moral
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pendidikan non formal yang ada di masyarakat yang masih banyak belum dikenal secara umum. Dengan adanya suatu komunitas sosial Fakta sebagai wadahnya, pendidikan non formal yang diadakan mampu membantu mengembangkan karakter dan moral anak-anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi untuk mengamati bagaimana komunitas sosial Fakta sebagai wadah pendidikan non formal dalam mengembangkan karakter dan moral anak-anak, Teknik Wawancara yang dilakukan kepada responden 9 anggota komunitas sosial, 5 masyarakat, 2 pengurus komunitas, yang terakhir yaitu Tekhnik Dokumentasi dimana dokumen yang diambil berupa data-data tentang komunitas sosial Fakta, foto kegiatan yang ada di komunitas sosial Fakta. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data komunitas sosial Fakta sebagai wadah dari pendidikan non formal yang ada di wilayah kabupaten Tegal dan sekitarnya yang mempunyai berbagai kegiatan baik belajar bersama maupun kegiatan sosial lainnya sangat membantu dalam pengembangan karakter dan moral anak-anak khususnya yang sudah menjadi anggota. Metode pembelajarannya melalui Teori Praktek Aplikasi Diri dimana anak-anak selain diberi teori juga diwajibkan untuk mempraktekkan langsung untuk menunjukkan sampai dimana kemampuan anak menerima materi yang sudah diberikan. Pemberian bimbingan rohani Islam juga dimaksudkan untuk membantu mengembangkan karakter dan moral dari anak-anak tersebut. Respon dari masyarakat sekitar juga sangat baik dan mendukung kegiatan belajar yang diadakan oleh komunitas sosial Fakta ini. Kendala yang dihadapi terkait dengan masalah sarana dan prasarana pembelajaran yang belum memadai saja atau masih terbatas.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan karakter dan moral anak-anak melalui kegiatan belajar yang diadakan oleh komunitas sosial Fakta sudah baik dan memberi dampak positif terhadap diri anak-anak.
12135000410 | ARY k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain