Skripsi
KEEFEKTIFAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DECISION MAKING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Lingkaran)
Kata Kunci : Studi Komparasi, Model Pembelajaran Decision Making, Model Pembelajaran Direct Instruction, Prestasi Belajar Matematika.
Kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran seperti model Ekspositori yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran menyebabkan prestasi beberapa siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan : 1) ada perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model Decision Making, dengan model Direct Instruction, dan model Ekspositori, 2) ada model pembelajaran yang lebih efektif pada siswa yang diajar menggunakan model Decision Making dengan model Ekspositori, 3) ada model pembelajaran yang lebih efektif pada siswa yang diajar menggunakan model Direct Instruction dengan model Ekspositori, 4) ada model pembelajaran yang lebih efektif pada siswa yang diajar menggunakan model Decision Making dengan model Direct Instruction.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 278 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII semester genap yang berjumlah 139 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Decision Making,model Direct Instruction dan Ekspositori, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pillihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data penelitian ini menggunakan uji anava satu jalur, dan uji benferroni.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Adanya perbedaan pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Decision Making dengan yang menggunakan model Direct Instruction dan Ekspositori, 2) Adanya model pembelajaran yang lebih efektif pada siswa yang diajar menggunakan model Decision Making dan Ekspositori, 3) Adanya model pembelajaran yang lebih efektif pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran dan model Ekspositori, 4) Adanya model pembelajaran yang lebih efektif pada siswa yang diajar menggunakan model Decision Making dan Direct Instruction.
17125000210 | FAL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain