Skripsi
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NELAYAN TERHADAP PELAYANAN PENYEDIAAN KEBUTUHAN MELAUT DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI (PPP) TEGALSARI KOTA TEGAL
Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari merupakan salah satu pelabuhan perikanan tipe C yang ada di Indonesia. Dalam mendukung operasional penangkapan ikan, PPP Tegalsari memiliki peranan penting dalam pelayanan penyediaan kebutuhan melaut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016 di PPP Tegalsari-Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menentukan tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penyediaan kebutuhan melaut (solar, air, es) di PPP Tegalsari.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengolahan dan analisis data menggunakan Importance and Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Indeks (CSI), dan analisis kesenjangan (GAP). Responden yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 18 nelayan yang diperoleh dengan menggunakan rumus Simamora.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan IPA menunjukkan bahwa atribut yang memiliki nilai kesenjangan terbesar adalah atribut kegiatan promosi air(-1,28), kelancaran sistem distribusi es (-1,72), kesesuaian jumlah solar yang dikirim, ketepatan waktu pengiriman solar, dan kegiatan promosi solar dengan nilai (-1,17). Sedangkan nilai kesenjangan terkecil adalah harga air yang ditawarkan (0,17) ketersediaan jumlah es (-0,28) dan pengecekan solar yang dikirim (0,17)
Berdasarkan hasil perhitungan CSI diketahui bahwa secara keseluruhan nelayan telah puas terhadap kinerja dari PPP Tegalsari, hal tersebut dapat diketahui dari nilai CSI cukup tinggi yaitu: 0,67 (solar), 0,63 (es), dan 0,71 (air).
Kata kunci : kepuasan nelayan, pelayanan, kebutuhan melaut
31105000110 | REN a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain