Skripsi
PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRILAKU ANTI KORUPSI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BALAPULANG
Kata Kunci : Pembentukan Karakter Prilaku anti Korupsi melalui Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan
Penelitian ini di latar belakangi oleh tingkat kesadaran warga negara khususya Indonesia, tentang korupsi tergolong masih rendah. Masih banyak warga negara yang terjerat kasus korupsi dari pejabat negara, elit politik sampai instansi tingkat desa. Oleh karena itu pembentukan karakter prilaku anti korupsi pada generasi muda sangat diperlukan untuk masa depan. PPKn adalah wahana untuk melestarikan nilai-nilai luhur yang berlaku di masyarakat. Sehingga sangatlah tepat apabila PPKn dijadikan sarana untuk membentuk prilaku peserta didik salah satunya adalah prilaku anti korupsi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada responden 15 peserta didik dan 2 guru PPKn. Teknik Observasi untuk mengamati pembelajaran PPKn dan karakter prilaku anti korupsi peserta didik, yang terakhir yaitu Teknik Dokumentasi dimana dokumen yang diambil berupa data-data tentang sekolah, data komponen pembelajaran dan foto yang mencakup kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter prilaku anti korupsi peserta didik SMA N 1 Balapulang, yakni dengan menyampaikan materi menganalisis upaya pemberantasan korupsi dan menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia dalam materi tersebut menjelaskan pengertian korupsi, dampak korupsi serta sanksi bagi pelaku korupsi. Pada proses kegiatan belajar mengajar juga selalu dilakukan sebuah pembiasaan kedisiplinan dan kejujuran, sebagai dasar pembentukan prilaku anti korupsi. Bentuk anti korupsi peserta didik ditunjukkan dengan perilaku jujur dan disiplin. Kendala dalam membentuk karakter prilaku anti korupsi peserta didik adalah pemahaman dan karakter yang dimiliki oleh peserta didik berbeda-beda.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn mempunyai peranan dalam membentuk prilaku anti korupsi terhadap peserta didik, sehingga karakter anti korupsi peserta didik SMA N 1 Balapulang sudah baik.
12125000020 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain