Skripsi
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA TEGAL
Penelitian ini ditujukan untuk: (1) mengetahui kondisi motivasi pegawai PDAM Kota Tegal; (2) mengetahui kinerja pegawai PDAM Kota Tegal; (3) menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai PDAM Kota Tegal.
Penelitian ini dilaksanakan di PDAM Kota Tegal, dengan jumlah responden sebanyak 40 orang, yang dipilih melalui prosedur proportionate stratified random sampling atau pengambilan sampel acak dengan stratifikasi. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor tertinggi variabel motivasi pegawai PDAM Kota Tegal adalah 40, dan terendah 22, mean atau skor rata-rata motivasi pegawai sebesar 32,97, dan standar deviasi atau simpangan baku skor sebesar 4,63. Total skor motivasi berkaegori baik; (2) Skor tertinggi kinerja pegawai PDAM adalah 56, dan terendah 27, mean atau skor rata-rata kinerja pegawai sebesar 46,87, dan standar deviasi atau simpangan baku skor sebesar 1,86. Total skor kinerja berkategori baik; (3) Penghitungan koefesien korelasi (menggunakan teknik korelasi tata jenjang dari Spearman) motivasi pegawai dengan kinerja pegawai ditemukan sebesar 0,502 (korelasi sedang). Pengujian signifikansi secara statistika dengan uji t pada taraf 5%, ditemukan bahwa thasil hitung (3,141) lebih besar daripada ttabel (1,683) sehingga dapat diputuskan untuk menolak H0 dan menerima kebenaran Ha. Dengan kata lain, motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai PDAM kota Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diajukan saran-saran mengenai perlunya: (1) Direksi dan Pemerintah Kota Tegal hendaknya dapat lebih meningkatkan motivasi pegawai PDAM Kota Tegal, terutama melalui upaya dan kebijakan perbaikan kesejahteraan para pegawai; (2) Pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai PDAM Kota Tegal sebaiknya dapat dilaksanakan secara terprogram, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja mereka dan mutu pelayanan PDAM; (3) Untuk lebih membina komunikasi antara pelanggan dengan PDAM Kota Tegal, sebaiknya dilakukan pengorganisasian pelanggan atau masyarakat pengguna layanan PDAM. Organisasi tersebut penting untuk mengkomunikasikan berbagai kebijakan yang dikenakan kepada para pelanggan.
Kata Kunci: Motivasi, Kinerja.
21125000480 | RAC p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain