Skripsi
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PERSIAPAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK PUSPONEGORO 1 BREBES TAHUN AJARAN 2015 / 2016 (Studi PTBK di Kelas X TKR 3)
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Think Pair Share dan Persiapan Karir
Rumusan masalah penelitian (1) bagaimanakah peranan konseling kelompok pada peserta didik? (2) bagaimanakah upaya mengatasi kenakalan remaja? (3) bagaimanakah peran konseling kelompok dalam upaya mengatasi kenakalan remaja peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian (1) mendeskripsi peranan konseling kelompok pada peserta didik, (2) mendeskripsi upaya mengatasi kenakalan remaja, (3) mendeskripsi peranan konseling kelompok dalam mengatasi kenakalan remaja peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling, dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Jumlah populasi adalah 30 peserta didik. Jumlah sampel adalah 7 peserta didik, siambil secara purposive sampling. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 6 enam tahap kegiatan : (1) Identifikasi, (2) diagnosis, (3) prognosis, (4) treatment, (5) follow up, dan (6) refleksi.
Hasil penelitian siklus pertama, pelaksanaan konseling belum dapat berperan mencegah kenakalan 7 peserta didik. Dari 7 peserta didik tersebut, terdapat 2 peserta didik memiliki tanggung jawab belajar yang kurang. Artinya 2 peserta didik sering bolos, sering bikin gaduh/ribut di kelas, dan tidak mau membuat pekerjaan rumah. 1 peserta didik memiliki tanggung jawab belajar yang cukup, artinya telah mengurangi bolos, tidak bikin ribut, dan mau membuat pekerjaan rumah. 4 peserta didik memiliki tanggung jawab belajar yang baik, artinya mampu merubah kebiasaan nakal. Siklus kedua, 7 peserta didik mampu merubah kebiasaan nakal setelah melaksanakan bimbingan konseling. Upaya mengatasi kenakalan terhadap 7 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jatibarang Brebes, dilakukan dengan layanan konseling kelompok. Dilakukan arahan agar menghindari persaingan antar individu. Menghimbau peserta didik segera melaporkan pada guru BK apabila ada peserta didik yang meresahkan teman-teman karena sering minta uang dengan memaksa, tidak mau membuat pekerjaan rumah.
11125000310 | ATT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain