Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KONTEN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI DI SMK SATYA PRAJA3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Konten Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang kurang percaya diri, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Peran Layanan Bimbingan Berbasis Konten Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri SIswa Kelas XI SMK Satya Praja 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mencari Peran Layanan Bimbingan Berbasis Konten Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri SIswa Kelas XI SMK Satya Praja 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI TKR & XI TSM (Teknik Kendaraan Ringan & Teknik Sepeda Motor) yang berjumlah 126 siswa dan sampel penelitian 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guna menjawab hipotesis, analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk data. Analisis data digunakan analisis deskriptif persentase kemudian dilanjutkan menggunakan analisis statistik.
Tingkat kurang percaya diri siswa sebelum diberikan layanan bimbingan berbasis konten adalah dalam kategori tinggi. Tingkat kurang percaya diri setelah diberikan layanan bimbingan berbasis konten berkurang dalam kategori rendah. Hasil analisis deskriptif berdasarkan perhitungan uji hipotesis, diperoleh hasil thitung sebesar 5,131. Nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 20-1 = 19 dimana diperoleh ttabel 2,093 ternyata thitung 5,131 ttabel = 2,093 yang berarti “Ada Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Konten Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMK Satya Praja 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Disarankan pihak sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana penunjang layanan bimbingan berbasis konten, Hendaknya ditingkatkan lagi dalam pelaksanaan pemeberian layanan bimbingan berbasis konten sehingga kepercayaan diri siswa akan meningkat,Diharapkan siswa mengikuti dan melaksanakan proses layanan yang berkaitan dengan pengembangan diri khususnya mengenai kepercayaan diri yang dibimbing oleh konselor atau guru BK.
11125000510 | SAL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain