Skripsi
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARA KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK PUSPONEGORO 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2016
KRISTINA NOVITA SARI MALAU. 2016 Pengaruh Pemberian Tugas Kelompok Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dewi Amalia Nafiati, S.Pd., M,Si. Dan Dra. Hj. Faridah, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pemberian Tugas Kelompok dan Kreativitas Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pemberian Tugas Kelompok Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini, seluruh siswa kelas XI SMK Pusponegoro Tahun Pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 397 siswa dengan sampel 60 siswa. Pada penelitian ini, rumus yang digunakan rumus regresi linier sederhana, sedangka metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan metode angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, hasil analisis regresi menemukan koefisien arah Y atas X sebesar 0,94 dengan nilai konstanta 25,85. Koefisien regresi Y atas X sebesar 0,94 tersebut mengisyaratkan rata-rata perubahan yang terjadi pada Kreativitas Siswa (Y) pada setiap unit perubahan pada Pemberian Tugas Kelompok (X). Hasil tersebut menunjukan apabila ada kenaikan 1 skor X (Pemberian Tugas Kelompok), maka akan menambah adanya kenaikan sebesar 0,94 kali lipat pada Y (Kreativitas Siswa).
Analisis koefisien determinasi didapat nilai sebesar 64% yang berarti bahwa Pengaruh Pemberian Tugas Kelompok memberikan kontribusi sebesar 64% terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK Pusponegoro 01 Brebes, sisanya sebesar 36% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diamati penulis dan memerlukan penelitian lebih lanjut. Hal ini berarti menunjukan bahwa semakin insentif siswa belajar menerapkan ilmunya dengan cara pemberian tugas kelompok, maka akan semakin tinggi kreativitas siswa.
Saran dalam penelitian ini, hendaknya pemberian tugas kelompok lebih ditingkatkan lagi, baik kualitas maupun kuantitasnya agar siswa lebih dapat memahami sejumlah konsep-konsep Mata Pelajaran Kewirausahaan (baik berupa teori maupun praktek) serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan maupun membentuk sikap berfikir kritis, kreatif, inovatif, berwawasan luas dan memiliki semangat berwirausaha yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.
13105000400 | MAL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain