Skripsi
STUDI KORELASI PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR OLEH GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LARANGAN KAB. BREBES TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
MULYANI, KIKI. 2017. Studi Korelasi Pemberian Motivasi Belajar oleh Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 LARANGAN Kabupaten.Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Dosen Pembimbing I : Drs. Budiyono
Dosen Pembimbing II : Dr. H.Basukiyatno, M.Pd
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi positif antara pemberian motivasi belajar oleh guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 LARANGAN kabupaten. Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPS dengan jumlah 166 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling Random/ acak. Sampel dalam penelitian ini diambil 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Instrumen berupa angket dalam bentuk pertanyaan sebanyak 20 item yang diuji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis korelasi product moment.
Hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,8081 jika dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 20% dengan N = 35 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,334, maka dapat disimpulkan rxy>rtabel artinya terdapat korelasi positif antara pemberian motivasi belajar oleh guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 LARANGAN kabupaten. Brebes tahun pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru mata pelajaran ekonomi memberikan suatu arahan untuk dapat bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu bentuk mneingkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dengan adanya motivasi yang diberikan kepada siswa harapannya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka disekolah. Pemberian motivasi belajar oleh guru kepada siswa sangat berperan oleh karena itu motivasi belajar pada diri siswa harus diperkuat karena dengan tujuan agar siswa mempunyai motivasi yang kuat sehingga hasil belajar yang diraihnya dapat optimal.
01312500022 | KIK s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain