Skripsi
PENGARUH KETELADANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NU 1 HASYIM ASY’ARI TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
PAMUNGKAS, ROI CANDRA. 2016. “Pengaruh Keteladanan Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Pembentukan Perilaku Disiplin Peserta Didik Kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S., M.M., Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, keteladanan guru BK, pembentukan perilaku disiplin.
Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat masih banyak peserta didik yang berperilaku kurang disiplin di sekolah, seperti: kurang mentaati tata tertib sekolah, kurang disiplin dalam kegiatan belajar mengajar, tidak mengerjakan tugas-tugas pelajaran. Guru BK perlu memberikan contoh yang baik agar menjadi teladan bagi peserta didiknya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat keteladanan Guru Bimbingan dan Konseling, 2) Tingkat pembentukan perilaku disiplin peserta didik, dan 3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara keteladanan Guru Bimbingan dan Konseling terhadap pembentukan perilaku disiplin peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian 392 peserta didik, dengan sampel sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1 Tingkat keteladanan Guru Bimbingan dan Konseling dalam kategori kategori sedang (30,00%), terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel X frekuensi tertinggi terdapat pada interval 92-96 dengan jumlah responden 13 (30,00%), 2) Tingkat pembentukan perilaku disiplin peserta didik mayoritas dalam kategori tinggi (37,50%), terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel Y frekuensi tertinggi terdapat pada interval 96-100 dengan jumlah responden 15 (37,50%), 3) Ada pengaruh yang signifikan keteladanan guru BK terhadap pembentukan perilaku disiplin peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub tahun pelajaran 2015/2016 2015/2016, terbukti dari hasil perhitungan analisis statistik korelasi product moment diperoleh rtabel = 0,312, maka rxy > rtabel atau 0,639 > 0,312 yang berarti Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima.
Saran dari penulis diharapkan guru pembimbing dapat mengoreksi dan memperbaiki kinerjanya dalam mendidik peserta didik sehingga mampu berperan sebagai suri teladan bagi peserta didik dan berpegang teguh pada peraturan, profesi guru pembimbing.
01110500132 | ROI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain